(0362) 3301891
bkpsdm@bulelengkab.go.id
Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

SOSIALISASI PENILAIAN POTENSI DAN KOMPETENSI (TALENT POOL) BAGI JPT & ADMINISTRATOR TAHUN 2018

Admin bkpsdm | 22 Februari 2018 | 2625 kali

 

Kanreg X BKN Denpasar menggelar sosialisasi penilaian potensi dan kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator bagi pejabat struktural se-wilayah kerja Kanreg X BKN Denpasar yang dibuka pada Kamis, (22/02) bertempat di Lantai 3 Gedung Tata Naskah Kanreg X BKN Denpasar, yang dihadiri oleh Sekretaris Utama BKN Usman Gumanti, SH, M.Si, Kepala Pusat Penilaian Kompetensi ASN BKN DR. Purwanto SH, M.Si, Kabag. Kepegawaian Biro SDM, Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Kabinet RI Heny Nafilah, SH, LLM, Kepala Kanreg V, Kepala kanreg XI dan juga dalam hal ini hadir Sekda Provinsi/Kabupaten/Kota serta Kepala BKPSDM sewilayah kerja Kanreg X Denpasar. Dalam kesempatan ini Kepala BKPSDM Kabupaten Buleleng Ibu Ni Made Rousmini, S.Sos hadir didampingi Kasubid Pengembangan Kompetensi Ibu Ni Nyoman Remin, SH.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Kanreg X BKN Denpasar Ida Ayu Rai Sri Dewi SH, M.Si dalam sambutannya menyampaikan Penilaian kompetensi ASN ini adalah salah satu program strategis BKN pusat melakukan penilaian secara nasional melalui penyusunan profil kompetensi manajerial bagi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator di seluruh Indonesia disampaikan pula bahwa Assesment JPT dan Administrator ini bukan hanya untuk promosi, ada manfaat yang lebih besar dari itu, yakni untuk pemetaan ASN secara individu sehingga diketahui langkah pengembangan yang perlu diambil oleh instansi masing-masing. Hasil talent pool ini juga tidak akan berdampak apa-apa jika instansinya tidak menindaklanjuti hasil tersebut. Terlalu mahal jika hasil talent pool ini digunakan hanya untuk promosi sehingga dipakai untuk pemetaan dan perbaikan SDM di instansinya.

Kepala Kanreg X BKN Denpasar juga menegaskan pihaknya memiliki komitmen untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan di bidang kepegawaian dan pengembangan SDM terhadap seluruh PNS di wilayah kerja Kanreg X BKN, sehingga terus berkembang ke arah yang lebih baik. Disampaikan lebih lanjut Talent Pool ini akan dimanfaatkan untuk memetakan pejabat pada posisi atau jabatan yang sesuai dengan potensi dan kompetensinya atau sebagai bahan rekomendasi untuk mengikuti seleksi pada jabatan yang lebih tinggi untuk sistem kaderisasi penempatan calon pejabat di daerah dengan prinsip objektif, akuntabel, dan independen serta berbasis sistem merit.

Melalui hasil dari kegiatan ini nantinya peserta dapat merencanakan pengembangan dirinya sendiri atau merencanakan karirnya. Database Talent Pool ini dapat digunakan sebagai dasar penerapan manajemen ASN yang transparan, kompetitif, dan berbasis marit serta menjadi acuan untuk pengembangan kompetensi kepemimpinan untuk perubahan birokrasi kearah yang lebih baik.

(AAPW)