(0362) 3301891
bkpsdm@bulelengkab.go.id
Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

SOSIALISASI KETASPENAN

Admin bkpsdm | 21 Maret 2016 | 1787 kali

Untuk lebih meningkatkan pemahaman tentang masalah Ketaspenan, maka Rabu, 16 Maret 2016, PT TASPEN (Persero) Cabang Denpasar, kembali menggelar Sosialisasi Ketaspenan berkaitan dengan Pembayaran Pensiunan, Tabungan Hari Tua (THT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM). Acara yang diselenggarakan di Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kab. Buleleng ini dihadiri oleh perwakilan instansi di lingkup pemerintah Kabupaten Buleleng yang menangani kepegawaian. Acara yang dibuka oleh Sekretaris BKD Kab. Buleleng, Ni Nyoman Wiratini, S.Sos. dihadiri 2 orang sebagai narasumber dari PT. Taspen yakni Bpk. Ida Bagus Suardana Ngurah selaku Kabid ADM Keuangan Taspen Denpasar dan Bpk. Djoko Purnomo selaku Kabid Kepesertaan Taspen Denpasar.

Pada kesempatan tersebut, secara umum presentator menjelaskan tentang kepesertaan, informasi program layanan Taspen, estimasi manfaat yang didapatkan,  tata cara pengajuan klim, hak dan kewajiban yang mesti dilaksanakan oleh peserta Taspen. Dalam sesi tanya jawab, peserta bertanya lebih pada hal-hal yang bersifat teknis, seperti tata cara pengajuan klim, syarat-syarat yang diperlukan, siapa-siapa saja yang berhak dan tidak berhak mendapatkan santunan/hak-hak yang dibayarkan. PT Taspen juga memastikan bahwa, pembayaran hak-hak peserta yang diserahkan oleh Taspen berdasarkan azas 5 Tepat (tepat orang, tepat waktu, tepat jumlah, tepat tempat, tepat administrasi) telah diaudit oleh lembaga yang berwenang, menanggapi salah satu pertanyaan yang diajukan oleh peserta sosialisasi.

Untuk menunjang kepraktisannya, PT Taspen telah meluncurkan aplikasi gratis berbasis android yang dapat diunduh di playstore: TASPEN MOBILE. Disana, masyarakat luas dapat dengan mudah memahami dan memanfaatkan PT Taspen sebagai lembaga jaminan sosial bentukan pemerintah.