(0362) 3301891
bkpsdm@bulelengkab.go.id
Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

PELAKSANAAN WORKSHOP ANALISIS KEBUTUHAN DIKLAT (AKD)

Admin bkpsdm | 23 Februari 2018 | 1630 kali

Badan Pengembangan Sumber Daya manusia (BPSDM) Provinsi Bali menggelar Workshop Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 21 s/d 22 Pebruari 2018 bertempat di BPSDM Provinsi Bali. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala BPSDM Provinsi Bali Bapak Dr. Ida Bagus Sedhawa, SE.,M.Si dalam sambutanya disampaikan bahwa Langkah paling utama dalam penyusunan suatu program diklat adalah kegiatan Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) atau Training Needs Assessment (TNA). Analisis kebutuhan Diklat memiliki kaitan erat dengan perencanaan Diklat. Perencanaan yang paling baik didahului dengan identifikasi kebutuhan. Kebutuhan pendidikan dan pelatihan dapat dilihat dengan membandingkan antara tingkat pengetahuan dan kemampuan yang diharapkan (sebagaimana terlihat pada misi, fungsi dan tugas) dengan pengetahuan dan kemampuan yang senyatanya dimiliki oleh pegawai.

Disampaikan lebih lanjut diklat dianggap sebagai faktor penting dalam peningkatan kinerja pegawai, proses dan organisasi, sudah luas diakui. Untuk itu dipandang perlu diadakan suatu analisis kebutuhan diklat khususnya di satuan kerja. Analisis Kebutuhan Diklat adalah proses kegiatan yang bertujuan untuk menemukan adanya kesenjangan kompetensi (pengetahuan, sikap dan ketrampilan) yang dapat ditingkatkan melalui diklat.
Kegiatan AKD/TNA diharapkan akan menghasilkan jenis-jenis diklat yang dibutuhkan oleh organisasi, sehingga dapat mewujudkan diklat yang tepat sasaran, tepat isi kurikulum dan tepat strategi untuk mencapai tujuan.

Kegiatan workshop ini dihadiri oleh seluruh BKPSDM Kabupaten/Kota se-Bali, dan pada kesempatan ini BKPSDM Kabupaten Buleleng hadir yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur Bapak Ir. Gede Subur. Melalui kegiatan ini Kepala BPSDM Provinsi Bali juga menegaskan hasil yang diharapakan dari Analisis Kebutuhan Diklat akan memperjelas kaitan antara pelaksanaan pendidikan dan pelatihan dengan peningkatan kinerja lembaga yang merupakan akumulasi dari kinerja para pejabat di dalam suatu organisasi, disebutkan demikian karena setiap pejabat yang dilengkapi dengan jenis-jenis diklat yang dibutuhkan, selanjutnya akan dapat melaksanakan setiap rincian tugas dalam jabatannya.

(AAPW)