(0362) 3301891
bkpsdm@bulelengkab.go.id
Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

PERAN DIKLAT DAN BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI

Admin bkpsdm | 07 November 2017 | 10471 kali

Sebagaimana diketahui pendidikan dan pelatihan (diklat) maupun bimbingan teknis (bimtek), merupakan bagian pelatihan dan pengembangan pengetahuan serta kemampuan sumber daya manusia yang dapat digunakan memecahkan masalah yang dihadapi oleh setiap individu maupun instansi tertentu. Sehingga dengan mengikuti diklat dan bimtek diharapkan setiap individu  maupun instansi tertentu, baik swasta maupun lembaga pemerintahan, dapat mengambil sebuah manfaat dengan berorientasi pada kinerja. Menghadapi kenyataan bahwa semakin tingginya tingkat kompetensi yang dibutuhkan, maka tentunya pendidikan pelatihan pengembangan sumber daya manusia ataupun bimtek telah menjadi sebuah kebutuhan untuk individu, instansi, ataupun lembaga pemerintahan.

Berdasarkan hal itu, BKPSDM Kabupaten Buleleng telah mengadakan pelatihan dan bimbingan teknis kepada beberapa perwakilan sumber daya manusia dari SKPD yang disesuaikan dengan kebutuhan dengan tujuan agar setelah mengikuti diklat maupun pelatihan maupun bimtek, ASN di Pemerintah Kabupaten Buleleng dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kinerja. Adapun beberapa contoh bimtek dan diklat yang telah diselenggarakan yaitu bimtek perencanaan, bimtek PPHP, bimtek keprotokolan maupun diklat kepemimpinan.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya bimtek perencanaan ini ialah untuk mewujudkan visi dan misi Kepala Daerah 5 tahun ke depan dalam masa jabatannya, untuk menjabarkan dan melaksanakan program ke dalam kegiatan di masing-masing SKPD sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya sebagai penilaian kinerja atas capaian target yang dituangkan dalam renstra sehingga diharapkan bisa mewujudkan pembangunan daerah yang terintegrasi dengan baik secara menyeluruh.

Untuk bimtek PPHP yang mana diharapkan pejabat/petugas dapat memahami tentang tugas, wewenang dan tanggung jawab sebagai PPHP dan independensi PPHP dalam melaksanakan tugasnya sehingga akan menghindari kerugian akibat pengadaan barang/jasa yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan.

Sedangkan pelaksanaan bimtek keprotokolan dimaksudkan untuk memberikan pemahaman mengenai manajemen keprotokolan dan memberikan pelatihan pengembangan kepribadian bagi ASN sehingga mampu menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pelaksana penyelenggara publik yang profesional.  

Oleh sebab itu , sangatlah perlu diadakannya pelatihan dan bimbingan teknis untuk mencetak sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan produktivitas tinggi , sebab keberadaan birokrat yang baik sangat penting dalam mendukung pembangunan bangsa. Seperti yang telah disebutkan di atas, mengingat bahwa sangat dibutuhkannya sumber daya manusia yang memiliki kompetensi tinggi dalam suatu lembaga, baik swasta maupun lembaga pemerintahan , maka peran pelatihan dan bimbingan teknis  dalam meningkatkan kompetensi sangatlah diperlukan.

 

Sumber :

Bilhaq. (2014, 25 November). Peran Pelatihan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam Meningkatkan Kompetensi. Diakses  11 Oktober 2017, dari http://pelatihan-sdm.net/peran-pelatihan-dan-bimbingan-teknis-bimtek-dalam-meningkatkan-kompetensi/

 

 

Download disini