(0362) 3301891
bkpsdm@bulelengkab.go.id
Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

PENERAPAN MENDONGENG DENGAN MEDIA WAYANG DAUN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B SEMESTER I TAHUN AJARAN 2019/2020 DI TK NEGERI PEMBINA SINGARAJA KABUPATEN BULELENG

Admin bkpsdm | 19 Januari 2021 | 388 kali

Nama Lengkap      : Komang Sri Astini,S.Pd. AUD

NIP                         : 19800721 200604 2 025

Pangkat/Golongan : Penata Tk.I, III/d

Tempat Tugas        : TK Negeri pembina Singaraja

 

PENDAHULUAN

Perkembangan berbahasa selain sebagai alat komunikasi, berbahasa merupakan sarana yang penting dalam kehidupan anak yang merupakan alat untuk menyatakan pikiran dan perasaan kepada orang lain dan sekaligus untuk memahami pikiran dan perasaan orang lain. Bagi anak Taman Kanak-Kanak dengan melakukan komunikasi terhadap teman nyaitu sudah merupakan suatu perkembangan kemampuan berbahasa, namun berdasarkan observasi di kelompok B TK Negeri Pembina Singaraja kemampuan bahasa anak sangat rendah. Hal itu terjadi akibat anak-anak kurang latihan berbahasa dan kurangnya diajak komunikasi yang baik.

Untuk mengatasi masalah tersebut harus sering diadakan kegiatan yang sesuai dengan kemampuan berbahasa yang benar disesuaikan dengan dan dengan perasaan apa yang mesti dilakukan. Salah satucara yang bisa diupayakan guru adalah guru dapat membantunya dengan rita dengan media yang digunakan yang sesuai dengan anak dengan kalimat sederhana yang menyenangkan dengan bermacam-macam media yang menarik danindah. Cara tersebu tmemberikan kesempatan anak untuk berfikir, berpendapat secara bebas sesuai dengan cerita yang didengar dengan melihat media guru yang di gunakan, guru merupakan kunci keberhasilan berbahasa dan akan berguna untuk membangkitkan motivasi anak dalam kegiatan belajar. Sarana yang dimaksud dalam hal ini adalah alat peraga yang digunakan dalam pembelajaran yang pengadaanya dibuat oleh guru itu sendiri dengan memanfaatkan sarana yang mudah didapat dan menarik.

Berdasarkan permasalahan dan solusi yang ditawarkan maka karya ilmia ini mengambil judul Penerapan mendongeng dengan media Wayang daun untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak pada masa pandemi covid 19 di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Singaraja.

 

artikel selengkapnya dapat dilihat pada link :

https://drive.google.com/file/d/1RhDikFXfZcquDQHiX4u51vzHIuTZURNO/view?usp=sharing