PENYAMPAIAN HASIL PENILAIAN POTENSI DAN KOMPETENSI (TALENT POOL) JPT DAN ADMINISTRATOR TAHUN 2018

  • Admin Bkpsdm
  • 07 Desember 2018
  • Dibaca: 109 Pengunjung

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur Bapak I Made Sadipa, SH serta Kasubid Pengembangan Kompetensi Bapak I Gede Putu Swinten, SH  menghadiri Penyerahan Laporan Hasil Penilaian Potensi Dan Kompetensi JPT Pratama dan Administrator (Talent Pool) Tahun 2018 Tahap II, bertempat di Aula BKN Pusat Gedung I Lantai 5 BKN Jakarta. Dalam kegiatan ini turut pula hadir Kepala BKD/BKPSDM Provinsi/Kab/kota untuk wilayah kerja Kanreg X BKN Denpasar.

Acara dibuka langsung oleh Kepala BKN RI Bapak Dr. Ir. Bima Haria Wibisana, M.SIS dalam sambutanya menyampaikan tujuan Assesment JPT dan Administrator ini bukan hanya untuk promosi, ada manfaat yang lebih besar dari itu, yakni untuk pemetaan ASN secara individu sehingga diketahui langkah pengembangan yang perlu diambil oleh instansi masing-masing. Hasil talent pool ini juga tidak akan berdampak apa-apa jika instansinya tidak menindaklanjuti hasil tersebut. Terlalu mahal jika hasil talent pool ini digunakan hanya untuk promosi sehingga dipakai untuk pemetaan dan perbaikan SDM di instansinya.

Dalam kesempatan yang sama, Bima Haria Wibisana menjelaskan bahwa saat ini BKN sedang mengembangkan Talent Management dari hasil-hasil asessment ini, dimana hasilnya nanti akan menjadi cluster kompetensi/rangking dalam menentukan penempatan seseorang yang sesuai yang sifatnya terbuka dan kesemuanya itu mengarah pada sistem merit. “Kembangkan SDM dengan penunjang, salah satunya dengan cara membuat data analisa diklat apa saja yang dibutuhkan dan melihat soft skill (karakter) yang di assessment agar mampu melihat seseorang yang mempunyai kompetensi dalam menciptakan suatu inovasi”.

(AAPW)

Share Post :