KABAN WISNAWA MENJADI PENGUJI SEMINAR RANCANGAN AKTUALISASI PRAJAB/LATSAR CPNS GOL III ANGKATAN IV TAHUN 2019

  • Admin Bkpsdm
  • 15 Agustus 2019
  • Dibaca: 150 Pengunjung

 

Pada pelaksanaan Prajabatan/Latihan dasar (latsar) CPNS tahun 2019 Kepala BKPSDM Kabupaten Buleleng Bapak I Gede Wisnawa, SH menjadi penguji seminar rancangan aktualisasi kepada peserta CPNS golongan III angkatan IV Pemkab Buleleng yang sedang mengikuti Prajab/Latsar bertempat di Kampus II BPSDM Provinsi Bali EK. BLPP Denpasar Kamis (15/8).

Pada seminar ini, peserta dibagi menjadi 4 kelompok berdasarkan coach yang telah ditentukan sebelumnya. Sementara Kaban Wisnawa tergabung dalam tim penguji dengan beberapa penguji lainya. Sedangkan mentor merupakan atasan masing-masing peserta Latsar di satuan kerjanya. Kegiatan ini berlangsung secara tertutup dimana masing-masing peserta mempresentasikan rancangan aktualisasinya selama ±45 menit dihadapan pembimbing (coach), mentor, dan penguji. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian tanggapan maupun masukan/saran dari penguji, penguatan dan dukungan dari mentor serta tanya jawab/diskusi terkait dengan Rancangan Aktualisasi yang telah dibuat oleh para peserta.

Seminar Rancangan Aktualisasi merupakan kegiatan pematangan rancangan aktualisasi nilai-nilai dasar PNS yang terdiri dari nilai-nilai Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi (ANEKA) melalui metode seminar untuk memberikan masukan dalam rangka perbaikan/penyempurnaan sebelum diaktualisasikan selama minimal 30 hari kerja di satuan kerjanya. Dalam kegiatan tersebut pembahasan yang dilakukan antara lain meliputi penggalian potensi pemahaman peserta terhadap kualitas penetapan isu dan pelaksanaan kegiatan, pemahaman peran dan kedudukan PNS dalam NKRI serta nilai-nilai dasar PNS (ANEKA), dan juga komitmen peserta untuk mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS tersebut pada setiap pelaksanaan kegiatan.

Melalui kegiatan ini diharapkan peserta mampu membentuk karakter diri melalui proses internalisasi dan dipersonifikasi (pengumpamaan) melalui pelaksanaan kegiatan aktualisasi. Selain itu, gagasan dan ide kreatif peserta diharapkan dapat memberikan kontribusi yang nyata terhadap visi, misi, tujuan serta penguatan nilai-nilai organisasi.

(aapw)

Share Post :