ASISTENSI GOVERNMENT CSIRT KABUPATEN BULELENG RESPON TEAM

  • Admin Bkpsdm
  • 25 September 2019
  • Dibaca: 206 Pengunjung

 

Bertempat di Ruang Aula Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng dilaksanakan Asistensi Government Computer Security Incident Respon Team (Gov-CIRT) Gelombang II tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Buleleng oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Buleleng dengan Badan Siber dan Sandi Negara RI  Rabu (25/9).

Acara dibuka langsung Oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Buleleng, Bapak Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si., didampingi oleh Kabid Persandian Bapak Putu Gopi Suparnaca, S.Sos dalam sambutanya menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan asistensi ini karena selain kita ASN sebagai pemberi informasi melalui media sosial kepada masyarakat juga bisa memahami serangan siber gangguan keamanan informasi, mengantisipasi serangan-serangan keamanan komunikasi serta pengamanan informasi siber.

Kegiatan ini dihadiri oleh anggota satgas CIRT Buleleng dan seluruh operator website dari masing-masing SKPD.  Pada kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari Kepala Sub Direktorat CSIRT Penanggulangan dan Pemulihan pemda wilayah I Bali Bapak Sriyanto, S.Sos, MM.,  yang hadir beserta Tim Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia (BSSN) dalam paparanya dijelaskan dalam rangka mengoptimalkan pengamanan informasi elektronik/siber meliputi pengamanan data dan informasi siber di jejaring media sosial untuk mengawal generasi millennial dari ancaman berita hoax dan serangan kejahatan siber, guna menjamin autentikasi dan keaslian informasi siber di jejaring media sosial, dalam pelaksanaan layanan informasi di Pemerintah Kabupaten Buleleng.

Maka dari itu dibentuk sebuah Tim efektif yang bernama Satgas CIRT Buleleng yang bertugas memberikan literasi keamanan informasi siber dan memfasilitasi verifikasi berita hoax serta memberikan pelayanan kepada korban kejahatan serangan siber hoax/berita bohong. Pada kesempatan ini beliau juga mengatakan bahwa Kabupaten Buleleng mendapat peringkat teratas dalam asistensinya dalam memerangi konten-konten berita hoax serta dalam Mengawasi pelaksanaan pengamanan melalui Satgas CIRT dan juga Kabupaten Buleleng akan mendapatkan pembinaan serta akan didaftarkan ke Badan Siber Sandi Negara. (AAPW)

 

 

 

Share Post :