PROMOSI DESTINASI WISATA BULELENG PADA AIR TERJUN MUNDUK

  • Admin Bkpsdm
  • 08 Oktober 2018
  • Dibaca: 266 Pengunjung

                                                                                   PENDAHULUAN

Pariwisata merupakan sektor yang ikut berperan penting dalam usaha peningkatan pendapatan. Indonesia merupakan negara yang memiliki keindahan alam dan keanekaragaman budaya, sehingga perlu adanya peningkatan sektor pariwisata. Hal ini dikarenakan pariwisata merupakan sektor yang dianggap menguntungkan dan sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai salah satu aset yang di gunakan sebagai sumber yang menghasilkan bagi Bangsa dan Negara.

Bali merupakan destinasi wisata terbaik di Indonesia, dimana memiliki berbagai potensi wisata berupa keindahan alam, seni budaya, dan adat istiadatnya di setiap daerah. Kabupaten Buleleng adalah salah satu contoh wilayah Bali yang memiliki daerah-daerah dengan berbagai potensi wisata yang dapat dikembangkan, seperti Desa Munduk yang terletak di Kecamatan Banjar. Lokasi desa tersebut berada di kawasan yang strategis, dimana akses atau jalur untuk menuju ke Desa Munduk juga merupakan salah satu jalur alternatif bagi wisatawan yang ingin mengunjungi obyek wisata yang ada di kawasan Bedugul dengan obyek wisata Pantai Lovina.

Desa Munduk kerap dijuluki dengan nama “Desa Atas Awan di Bali” Karena udara di Desa ini cukup segar, terletak di ketinggian sekitar 900 Mdpl menjadikan Desa Munduk memiliki tanah yang cukup subur. Daya Tarik utama Desa Munduk adalah pemandangan alamnya, di Desa ini tidak hanya terdapat wisata Air Terjun saja, namun ada juga perkebunan kopi, teh, dan cengkeh yang menarik wisatawan.

                                            WISATA AIR TERJUN MUNDUK YANG MEMILIKI KHASIAT

Air Terjun Munduk

Bali pantas menjadi favorit wisatawan karena banyak tempat di Bali yang mengagumkan, terutama wisata alamnya. Bukan hanya pantainya yang cantik, namun Bali juga memiliki wisata air terjun yang mengagumkan. Kawasan Buleleng merupakan surga air terjun di Bali. Disana dapat menjumpai banyak air terjun yang indah. Salah satu air terjun tersebut terdapat di Desa Munduk, Kecamatan Banjar.

Di awal tahun 1980 Desa Munduk sama sekali tidak dikenal. Pada awal tahun 1990 wisata pada wilayah yang masuk Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng ini mulai di kembangkan. Dari tahun 1990 sampai dengan sekarang Desa Munduk terkenal dengan wisata alamnya yang menyegarkan dan menyejukkan. Desa munduk terkenal dengan air terjunnya, yaitu air terjun Munduk. Air terjun Munduk tersebut merupakan objek wisata yang di gemari oleh para wisatawan, selain karena air terjunnya yang indah dan menyegarkan, air terjun tersebut mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit pada kulit karena dalam air terjun terdapat kandungan sulfur atau belerang. Air terjun ini bisa digunakan untuk terapi dan menyembuhkan penyakit kulit.

Air terjun munduk berada di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Terletak di daerah pegunungan yang berhawa sejuk dengan segudang objek wisata alam terbaik di Bali. Lokasi air terjun munduk sekitar 70 km sebelah utara kota Denpasar, atau dengan 2 jam berkendara dengan kendaraan bermotor. Waktu yang dibutuhkan sedikit lama karena jalan yang menanjak dan berkelok-kelok penghubung kota Denpasar dan Singaraja. Setelah sampai pada tempat air terjun Munduk tersebut para wisatawan dapat menyimpan kendaraannya pada tempat parkir yang ada, karena untuk dapat ke tempat air terjun tersebut wisatawan tidak dapat membawa kendaraannya masuk ke dalam. Para wisatawan akan melanjutkan perjalanan menuju air terjun tersebut dengan berjalan kaki sejauh 250 meter dari tempat parkir atau selama kurang lebih 15 menit.

Berada di daerah pegunungan membuat kawasan desa munduk tempat air terjun ini memiliki hawa yang sejuk dan menyenangkan, dipenuhi rimbunnya pohon cengkeh, coklat dan kopi. Desa munduk dan desa-desa sekitarnyapun dikenal dengan komoditi perkebunan yang kaya dikarenakan tanahnya yang subur.

Air terjun munduk memiliki tinggi sekitar 15 meter dengan air yang jatuh hanya searah, area air terjun ini memiliki lingkar yang cukup lebar sehingga banyak tanah landai untuk menikmati air terjun dari dekat. Kolam dibawah air terjun Munduk terbilang cukup kecil untuk seukuran air terjun, tapi cukup untuk anda yang ingin sekedar berendam di dalamnya. Air terjun ini juga mengandung unsur mineral sulfur atau belerang, sehingga berkhasiat untuk meremajakan kulit dan menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Tempat yang alami dan asri ini akan memberikan ketenangan dan kenyamanan, jauh dari hiruk pikuk kota. Tumbuhan-tumbuhan sekitarnya yang subur dan hijau, jauh dari polusi membuat pikiran dan tubuh segar kembali. Vegetasi tepat dibawah air terjun memiliki keanekaragaman tumbuhan-tumbuhan indah khas pegunungan tropis seperti bunga-bunga dan pohon-pohon yang berwarna-warni.

Wilayah Bali Utara memang memberikan pilihan objek wisata di Bali yang cukup lengkap, mulai dari keindahan alam bawah lautnya seperti Pemuturan yang menawarkan tempat rekreasi diving yang cukup spektakuler, pantai Lovina dengan atraksi dolphin dan kegiatan snorkeling, hamparan sawah terasering di Busungbiu, dataran tinggi pegunungan yang menyuguhkan pemandangan indahnya danau kembar Tamblingan dan Buyan, sampai air terjun Munduk yang siap menawarkan suasana alam berbeda. Oleh karena itu, Kabupaten Buleleng adalah tempat ideal untuk berwisata alam.

                                                                                            PENUTUP

  1. Simpulan
  2. Akses jalan menuju air terjun tersebut cukup jauh dengan tempat parkir kendaraan. Dari tempat parkir para wisatawan harus berjalan sejauh 250 meter melewati jalan setapak atau sekitar 15 menit;
  3. Air terjun Munduk merupakan air terjun yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal, dan penyakit kulit lainnya;
  4. Desa munduk juga dikenal dengan rimbunnya pepohonan seperti pohon cengkeh, kopi, dan coklat. Karena udaranya yang sejuk membuat tanah yang ada di Desa Munduk subur.

 

  1. Saran
  2. Objek wisata pada Air terjun Munduk ini sebaiknya dapat terus dikembangkan dan di jaga kelestariannya oleh masyarakat maupun para wisatawan yang berkunjung ke air terjun Munduk tersebut;
  3. Kebersihan di lingkungan sekitar juga perlu di jaga baik oleh masyarakat lokal maupun para wisatawan;
  4. Wisata tracking atau berwisata dengan menggunakan paket wisata sebaiknya lebih dikembangkan lagi. Dengan adanya wisata tracking akan membuat para wisatawan lebih banyak lagi berkunjung ke air terjun Munduk. Dengan cara itu bisa lebih mempromosikan kepada masyarakat luas baik para wisatawan ataupun masyarakat yang belum mengetahui adanya air terjun Munduk di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng.
Share Post :