KEINDAHAN WISATA PURA PONJOK BATU

  • Admin Bkpsdm
  • 08 Oktober 2018
  • Dibaca: 296 Pengunjung

                                                                             PENDAHULUAN

Wisata adalah suatu kegiatan perjalanan yang dilakukan manusia baik perorangan maupun kelompok untuk mengunjungi destinasi tertentu dengan tujuan rekreasi, mempelajari keunikan daerah wisata, pengembangan diri dan sebagainya dalam kurun waktu yang singkat atau sementara waktu (Gamal :2004).

Pariwisata adalah aktivitas dari wisatawan, orang yang melakukan perjalanan ke dan tinggal di luar tempat tinggalnya sehari hari untuk periode tidak lebih dari 12 (dua belas) bulan untuk beragam kegiatan leisure, bisnis, agama dan alasan pribadi lainnya tetapi tidak mendapatkan upah/gaji dari perjalanan tersebut (Theoblad.2005 dalam Pitana 2009:54).

Pengembangan pariwisata meliputi berbagai bidang, diantaranya adalah pengembangan wisata alam (pantai, gunung, gua) dan pengembangan wisata budaya (upacara tradisional, pakaian tradisional, tari). Wisata alam adalah wisata dengan destinasi berupa wilayah alam bebas seperti hutan, bukit, pegungan dan sebagainya. Sedangkan Wisata budaya adalah kegiatan wisata yang bertujuan untuk mengenali hasil kebudayaan setempat seperti upacara adat, lagu daerah, rumah adat, tarian daerah dan sebainya (Drs. Sudjatmoto adiksukarko dkk : 2006).

Kabuapten Buleleng yang terletak di bagian utara Pulau Bali memiliki keragaman obyek wisata, mulai dari hutan alam yang tersebar dari Taman Nasional Bali Barat sampai mendekati kota Singaraja. Begitu pula keindahan Danau Buyan dan Danau Tamblingan, keheningan air terjun Gitgit dan mata air panas Banjar serta pemandangan Pantai Lovina dengan atraksi lumba-lumba. Saat ini pula dikembangkan beberapa obyek wisata baru, wisata spiritual dan wisata sejarah yang salah satunya tersebar di Kecamatan Tejakula yaitu Wisata Pura Ponjok Batu yang merupakan tempat wisata dengan pesona keindahan pemandangan pinggir pantai di sekitar area Pura Ponjok Batu yang mampu menarik wisatawan mancanegara maupun lokal untuk berkunjung sekaligus menikmati kesejukan suasana di Bali. Pura Ponjok Batu juga bisa dijadikan sebagai tujuan wisata spiritual.

                                                                KEINDAHAN WISATA PURA PONJOK BATU

Wisata Pura Ponjok Batu di Tejakula Buleleng Bali adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Julah, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali, Indonesia. Wisata Pura Ponjok Batu di Tejakula Buleleng Bali adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari-hari.

Wisata Pura Ponjok Batu di Tejakula Buleleng Bali memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika berada di kota Buleleng tidak mengunjungi Wisata Pura Ponjok Batu di Tejakula Buleleng Bali yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Wisata Pura Ponjok Batu di Tejakula Buleleng Bali sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, atau pun hari libur lainnya.  Keindahan Wisata Pura Ponjok Batu di Tejakula Buleleng Bali ini sangatlah baik bagi semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Wisata Pura Ponjok Batu di Tejakula Buleleng Bali di kota Buleleng. Wisata Pura Ponjok Batu merupakan lingkungan Pura tempat pemujaan atau persembahyangan umum untuk mohon keselamatan dari depan pura yang dibatasi jalan raya menuju Amlapura terlihat pemandangan Laut Jawa yang terbentang luas yang dapat menimbulkan ketenagan jiwa dan menumbuhkan inspirasi bagi pengunjungnya.

Pura Ponjok Batu memiliki rekaman sejarah yang panjang dan unik. Lingkungan Pura Ponjok Batu merupakan lingkungan pura tempat pemujaan/persembahyangan umum untuk memohon keselamatan. Karena tempat persembahyangan umum, maka setiap piodalan, lingkungan pura ini banyak dikunjungi oleh pengunjung dari luar daerah Buleleng dan khususnya masyarakat setempat. Disamping karena keindahan alam, arsitektur pura juga mencerminkan gaya khas yaitu seluruh bangunan terbuat dari susunan batu-batu alam yang melambangkan kesucian terdapat di sekitar lokasi sangat menarik wisatawan. Letak Pura Ponjok Batu ini juga dekat dengan Wisata Bahari Air Sanih yang cukup terkenal di Bali. Lokasi terletak di Desa Julah, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali, Indonesia.

Fasilitas yang di berikan di area Pura Ponjok Batu cukup memadai. Tempat parker yang cukup luas, adanya penjual makanan atau warung di pinggir jalan dan juga penjual canang di dekat Pura. Pemangku-Pemangku di Pura Ponjok Batu juga memberikan pelayanan spiritual bagi wisatawan yang ingin bersembahyang ataupun ingin melihat-lihat keindahan Pura Ponjok Batu.

Bagi wisatawan asal kota Buleleng sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi Wisata Pura Ponjok Batu di Tejakula Buleleng Bali. Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan luar negeri, tentu mereka bingung dan takut kesasar. Tapi jangan khawatir bagi wisatawan luar kota Buleleng saya mempunyai solusinya agar semua tidak kesasar. Tentunya sarana transportasi apa yang dipakai untuk berwisata ke Wisata Pura Ponjok Batu di Tejakula Buleleng Bali dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Bisa meminta panduan arah ke Wisata Pura Ponjok Batu di Tejakula Buleleng Bali di google maps yang terpasang di smartphone. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan daripada memakai kendaraan umum. Akan tetapi jika memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, bisa berhenti di Kecamatan Tejakula. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi menuju Desa  Julah hingga sampai di lokasi Wisata Pura Ponjok Batu di Tejakula Buleleng Bali tersebut

PENUTUP

          

           

  1. Keimpulan

Wisata Pura Ponjok Batu yang merupakan tempat wisata dengan pesona keindahan pemandangan pinggir pantai di sekitar area Pura Ponjok Batu yang mampu menarik wisatawan mancanegara maupun lokal untuk berkunjung sekaligus menikmati kesejukan suasana di Bali. Pura Ponjok Batu juga bisa dijadikan sebagai tujuan wisata spiritual.

Fasilitas yang di berikan di area Pura Ponjok Batu cukup memadai. Tempat parker yang cukup luas, adanya penjual makanan atau warung di pinggir jalan dan juga penjual canang di dekat Pura. Pemangku-Pemangku di Pura Ponjok Batu juga memberikan pelayanan spiritual bagi wisatawan yang ingin bersembahyang ataupun ingin melihat-lihat keindahan Pura Ponjok Batu.

 

  1. Saran

Sebelum menuju ketempat Wisata Pura Ponjok Batu di Tejakula Buleleng Bali yaitu pantaulah cuacanya terlebih dahulu supaya tidak menghalangil iburannya. Anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan seperti membawa bekal, air minum dan lainnya. Serta beberap abarangtambahan seperti  kamera karena anda pasti ingin mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman-teman anda. 
Jangan lupa membawa perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun, tissue basah, obat-obatan, anti septik).

 

Share Post :